FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP LAYANAN MOBILE BANKING DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) BOGOR DRAMAGA

Penulis

  • Destriana Maulani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Tubagus Rifqy Thantawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Miftakhul Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.68

Kata Kunci:

Minat Nasabah, Mobile Banking. Bank Syariah Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap layanan mobile banking yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Bogor Dramaga. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner dan google form dengan pengukuran skala likert, dengan teknik penarikan sampel non probabilistik sampling, dan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini ialah; 1) faktor kemudahan penggunaan (X1) berpengaruh positif pada tingkat signifikansi 5% secara parsial terhadap minat nasabah; 2) faktor keamanan (X2) tidak berpengaruh pada tingkat signifikansi 5% secara parsial terhadap minat nasabah; 3) faktor efisiensi waktu (X3) berpengaruh positif pada tingkat signifikansi 5% secara parsial terhadap minat nasabah; 4) faktor kemudahan penggunaan (X1), faktor keamanan (X2), dan faktor efisiensi waktu (X3) berpengaruh positif pada tingkat signifikansi 5% secara simultan terhadap minat nasabah. Dengan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor kemudahan penggunaan dan efisiensi waktu mempengaruhi minat nasabah dalam pengunaan layanan mobile banking.

Referensi

Al-Qur’an Kariim.

Buku

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Undang-Undang

Republik Indonesia, Undang-Undang tentang Perbankan Syariah, Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008.

Republik Indonesia, Undang-Undang tentang Perbankan, Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998.

Jurnal

Bakhtiar, M., Kartika, E., & Listyawati, I. (2020, Desember). Faktor-faktor Pengaruh Minat Nasabah Pengguna Internet Banking Bank Syariah Mandiri. Al Tijarah, 6(3).

Lim, R., & Lady. (2022, Januari). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking di Batam. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 5, 1.

Mukhtisar, Tarigan, I. R., & Evriyenni. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1).

Nasution, M. H., & Sutisna. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah, 1.

Nurdin, N., Ningrum, R., Bachmid, S., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 3.

Skripsi

Arfina. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Perbankan Syariah, Padangsidimpuan.

Hartono, R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Perbankan Syariah.

Mardiah, S. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Produk pada Bank Syariah Mandiri KCP Stabat (Studi Kasus Mahasiswa STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat) . Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Nurseno, B. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Penggunaan Internet Banking pada PT Bank Syariah Bukopin di Semarang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Perbankan Syariah.

Saputri, D. (2017). Pengaruh Kemudahan, Daya Guna, Kenyamanan, Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Pengguna Mobile Banking Pada PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang Sari, L. F. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di PT. Bank Syariah KCP Rantauprapat. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Perbankan Syariah, Padangsidimpuan.

Setyawan, M. R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Kasus pada Bank Mandiri Syariah Cabang Jepara). Skripsi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum, Jepara.

Wibowo, T. B. (2018). Faktor-faktor yang Mempegaruhi Persepsi Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan M-Banking. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ekonomi Syariah.

Wulandari, D. P. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lubuk Pakam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Perbankan Syariah, Sumatera Utara.

Zahara, N. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Pemanfaatan Mobile Banking pada Bank Syariah di Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Jurusan Studi Islam Program Studi Ekonomi Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Maulani, D. ., Thantawi, T. R. ., & Anwar, M. . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP LAYANAN MOBILE BANKING DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) BOGOR DRAMAGA. SAHID BANKING JOURNAL, 2(01), 67–82. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.68

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>