ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN RUMAH DENGAN PRINSIP SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i02.36Kata Kunci:
Product, Price, Place, Promotion, InterestAbstrak
Memiliki rumah merupakan kebutuhan dan impian setiap manusia, dengan adanya rumah keluarga akan tumbuh dengan baik di dalamnya. Ibarat cermin di dalam rumah merupakan cerminan dari pribadi manusia. Memiliki rumah bisa melalui dunia perbankan syariah, dan perbankan syariah harus mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan produknya. Dengan memberikan harga yang bervariasi, perumahan strategis dengan pusat industri dan ekonomi, serta promosi yang telah dilakukan mampu menarik minat masyarakat untuk melakukan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah melalui dunia perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produk, harga, tempat, promosi terhadap minat masyarakat terhadap pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Tabachic dan Fidell, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (adjusted R square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Sedangkan produk tersebut tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap pembiayaan rumah dengan prinsip syariah.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2022-05-01 (5)
- 2023-01-19 (4)
- 2022-09-30 (3)
- 2022-09-30 (2)
- 2022-09-30 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 SAHID BANKING JOURNAL
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.