This is an outdated version published on 2023-01-19. Read the most recent version.

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN RUMAH DENGAN PRINSIP SYARIAH

Authors

  • Aliya Cahyani Purnaed Insitut Agama Islam Sahid Bogor
  • Tubagus Rifqy Thantawi Insitut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ermi Suryani Insitut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i02.36

Keywords:

Product, Price, Place, Promotion, Interest

Abstract

Memiliki rumah merupakan kebutuhan dan impian setiap manusia, dengan adanya rumah keluarga akan tumbuh dengan baik di dalamnya. Ibarat cermin di dalam rumah merupakan cerminan dari pribadi manusia. Memiliki rumah bisa melalui dunia perbankan syariah, dan perbankan syariah harus mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan produknya. Dengan memberikan harga yang bervariasi, perumahan strategis dengan pusat industri dan ekonomi, serta promosi yang telah dilakukan mampu menarik minat masyarakat untuk melakukan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah melalui dunia perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produk, harga, tempat, promosi terhadap minat masyarakat terhadap pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Tabachic dan Fidell, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (adjusted R square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Sedangkan produk tersebut tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap pembiayaan rumah dengan prinsip syariah.

Published

2022-09-30 — Updated on 2023-01-19

Versions

How to Cite

Purnaed, A. C. ., Thantawi, T. R. ., & Suryani, E. . (2023). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN RUMAH DENGAN PRINSIP SYARIAH. SAHID BANKING JOURNAL, 1(02). https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i02.36 (Original work published September 30, 2022)

Issue

Section

DAFTAR PUSTAKA Vol 1 No 02 (2022)

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>