ANALISIS FAKTOR KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BJB SYARIAH KCP BOGOR JEMBATAN MERAH
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.199Kata Kunci:
Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstrak
Loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor sangat penting dalam dalam meningkatkan pendapatan dan memperkecil biaya bisnis perusahaan. Hal ini karena loyalitas pelanggan suatu bentuk kesetiaan seorang pelanggan terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Mengetahui faktor nilai pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Mengetahui faktor kualitas layanan dan nilai pelanggan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengambilan sampel berjumlah 96 responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R square). Hasil penelitian ini menunjukan kualitas layanan(X1) t hitung 4.266 > t tabel 1.988 dengan nilai sig yang dihasilkan 0.000 < 0.05 dan nilai pelanggan(X2) t hitung 7.416 > t tabel 1.988 dengan nilai sig yang dihasilkan 0.000 < 0.05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan, dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada taraf nyata =5%. Secara simultan faktor kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan nilai (F hitung 52.266 > F tabel 3.09) dengan tingat sig 0,000. Sedangkan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0.529atau 52,9% selebihnya 47,1% dijelaskan oleh variabel yang lain diluar penelitian ini.
Referensi
Al-Qur’an dan Terjemahan. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.
Undang-Undang.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (Lembaran Negara Tahun 1992 Nomor 31, Tambahan. Lembaran Negara Nomor 3472).
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3790).
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4867).
Buku-Buku.
Abubakar, Rifa'i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Abubakar, Rifa'i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Pesss UIN Sunan Kalijaga.
Dendawijaya, L. 2003. Manajemen Perbanakan Edisi Ke 1. Bogor: Ghalia Indonesia.
Depdiknas. 2008 . Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Djunaedi, M. 2005. Kamus Kontempores Indonesia-Arab Istilah Politik Ekonomi. Bandung: Mizan.
Gani, I., & Amalia, S. 2015. Alat Analisis Data-Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial (Edisi 1). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ghozalli, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Kasmir. 2013. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. 2000. Marketing Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.
Lemeshow, S., Hosmer Jr, D. W., Klar, J., & Lwannga, S. K. 1997. Besaran Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogykarta: Gadjah Mada University Press.
Muhson, A. 2012. Pelatihan Analisis Statistika dengan SPSS. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Unpad Press.
Melayu, S. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetijo, R., & Ihlauw, J. 2005. Manajemen Prilaku Konsumen. Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitan Kuanitatif,Kualitatif,Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. 2015. Metodologi Penleitian Bisnis dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPFE.
Triandaru, S., & Budisantoso, T. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.
Jurnal Penelitian.
Atmaja, I Putu Darma; Kawiana, I Gede Putu; Sugianingrat, I.A Putu Widani;. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen,Kewirausahaan dan Pariwisata. Vol 2 (1).
Atmaja, J. 2018. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, Vol 2 (1).
Fermayan, R., Egim, A. S., & Atsarina, A. 2021. Pengaruh Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 4 (3).
Likumahua, Debby. 2011. Faktor Kualitas Layanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Ambon. Journal of Business and Banking Vol 1 (1).
Manandong, I. S., Tumbel, A. L., Hendra. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol 5 (3).
Mandey, S., Liondong, S., Andagho, S. K. 2014. Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah BTN pada Kantor Kas UNSRAT. Junal EMBA, Vol 2 (1).
Mukarom, M. S., & Khasanah, I. 2012. Analisis Pengaruh Nilai Nasabah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah untuk Menciptakan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank BRI Cabang Pandanaran Semarang). Journal of Management, volume 1 Nomor 1.
Permana, I gede Yogi; Rastini, Ni Made. 2016. Pengaruh Loyalitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar. Jurnal Manajemen UNUD Vol 5 (1).
Ratnasari, S. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Serta Dampaknya pada Kepercayaan Pelanggan PT.Mitra Internet Forwarding Cabang Palu. Jurnal Katalogis Vol 3 (1).
Skripsi.
Ayu, Kurnia. 2017. Pengaruh Nilai Nasabah, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bjb Syariah Cabang Bekasi. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Jakarta.
Maryawati, Siti. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Brand Equity Bank Syariah Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah (Survey Pada Nasabah Bank BJB Syariah KCP Kuningan). Skripsi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cireboon: Kota Cirebon.
Kurniawan, D. 2013. Pengaruh Layanan Kualitas Produk dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BPD DIY Syariah). Yogyakarta.
Sa'adah, Zulfas. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kualitas Pelayanan dan Nilai terhadap Loyalitas. Skripsi Fakultas Hukum dan Syariah: Yogyakarta.
Wijaya, Rizky Marstianti. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Masyarakat Non Muslim di Bank Syariah. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Setiawan Bima Prasetya, Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















