ANALYSIS OF SERVICE QUALITY FACTORS AND CUSTOMER VALUES ON CUSTOMER LOYALTY AT BJB SYARIAH BRANCH OFFICE BOGOR, JEMBATAN MERAH

Authors

  • Setiawan Bima Prasetya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ria Kusumaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.199

Keywords:

Service Quality, Customer Value, Customer Loyalty

Abstract

Customer loyalty is a very important factor in increasing revenue and reducing company business costs. This is because customer loyalty is a form of customer loyalty to the company. This study aims to  Knowing the service quality factors partially influence customer loyalty. Knowing the customer value factor has a partial effect on customer loyalty. Knowing the factors of service quality and customer value simultaneously influence customer loyalty. This type of research is quantitative with data collection methods using primary data obtained through questionnaires. Sampling amounted to 96 respondents. The method used to test the hypothesis is multiple linear regression, t test, f test, and the coefficient of determination (R square). The results of this study indicate service quality (X1) t count 4.266 > t table 1.969 with a resulting sig value of 0.000 <0.05 and customer value (X2) t count 7.416 > t table 1.969 with a resulting sig value of 0.000 <0.05 So it can be concluded that the variables of service quality and customer value influence customer loyalty. Simultaneously the factors of service quality and customer value have an effect on customer loyalty. This is evidenced by the value (F count 52.266 > F table 3.09) with a sig level of 0.000. While the coefficient of determination R Square is 0.529 or 52.9%, the remaining 47.1% is influenced by other factors.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.

Undang-Undang.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (Lembaran Negara Tahun 1992 Nomor 31, Tambahan. Lembaran Negara Nomor 3472).

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3790).

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4867).

Buku-Buku.

Abubakar, Rifa'i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Abubakar, Rifa'i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Pesss UIN Sunan Kalijaga.

Dendawijaya, L. 2003. Manajemen Perbanakan Edisi Ke 1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. 2008 . Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Djunaedi, M. 2005. Kamus Kontempores Indonesia-Arab Istilah Politik Ekonomi. Bandung: Mizan.

Gani, I., & Amalia, S. 2015. Alat Analisis Data-Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial (Edisi 1). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Ghozalli, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Kasmir. 2013. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. 2000. Marketing Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Lemeshow, S., Hosmer Jr, D. W., Klar, J., & Lwannga, S. K. 1997. Besaran Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogykarta: Gadjah Mada University Press.

Muhson, A. 2012. Pelatihan Analisis Statistika dengan SPSS. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Unpad Press.

Melayu, S. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetijo, R., & Ihlauw, J. 2005. Manajemen Prilaku Konsumen. Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitan Kuanitatif,Kualitatif,Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. 2015. Metodologi Penleitian Bisnis dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPFE.

Triandaru, S., & Budisantoso, T. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal Penelitian.

Atmaja, I Putu Darma; Kawiana, I Gede Putu; Sugianingrat, I.A Putu Widani;. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen,Kewirausahaan dan Pariwisata. Vol 2 (1).

Atmaja, J. 2018. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, Vol 2 (1).

Fermayan, R., Egim, A. S., & Atsarina, A. 2021. Pengaruh Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 4 (3).

Likumahua, Debby. 2011. Faktor Kualitas Layanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Ambon. Journal of Business and Banking Vol 1 (1).

Manandong, I. S., Tumbel, A. L., Hendra. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol 5 (3).

Mandey, S., Liondong, S., Andagho, S. K. 2014. Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah BTN pada Kantor Kas UNSRAT. Junal EMBA, Vol 2 (1).

Mukarom, M. S., & Khasanah, I. 2012. Analisis Pengaruh Nilai Nasabah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah untuk Menciptakan Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank BRI Cabang Pandanaran Semarang). Journal of Management, volume 1 Nomor 1.

Permana, I gede Yogi; Rastini, Ni Made. 2016. Pengaruh Loyalitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar. Jurnal Manajemen UNUD Vol 5 (1).

Ratnasari, S. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Serta Dampaknya pada Kepercayaan Pelanggan PT.Mitra Internet Forwarding Cabang Palu. Jurnal Katalogis Vol 3 (1).

Skripsi.

Ayu, Kurnia. 2017. Pengaruh Nilai Nasabah, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bjb Syariah Cabang Bekasi. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Jakarta.

Maryawati, Siti. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Brand Equity Bank Syariah Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah (Survey Pada Nasabah Bank BJB Syariah KCP Kuningan). Skripsi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cireboon: Kota Cirebon.

Kurniawan, D. 2013. Pengaruh Layanan Kualitas Produk dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank BPD DIY Syariah). Yogyakarta.

Sa'adah, Zulfas. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kualitas Pelayanan dan Nilai terhadap Loyalitas. Skripsi Fakultas Hukum dan Syariah: Yogyakarta.

Wijaya, Rizky Marstianti. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Masyarakat Non Muslim di Bank Syariah. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Published

2024-10-10

How to Cite

Prasetya, S. B., Trihantana, R. ., & Kusumaningrum, R. . (2024). ANALYSIS OF SERVICE QUALITY FACTORS AND CUSTOMER VALUES ON CUSTOMER LOYALTY AT BJB SYARIAH BRANCH OFFICE BOGOR, JEMBATAN MERAH. SAHID BANKING JOURNAL, 4(1), 91–103. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.199

Issue

Section

BIBLIOGRAPHY

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4