FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENGAJUKAN PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PELAKU UMKM DI PASAR LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR)

Penulis

  • Nur Khopifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Tubagus Rifqy Thantawi
  • Miftakhul Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.108

Kata Kunci:

UMKM, Literasi Keuangan, Jaminan, Lama Usaha, Pelayanan, Prosedur Kredit, dan Minat

Abstrak

Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang terpuruk, akibat pandemi Covid-19. Wabah ini hampir melumpuhkan roda perekonomian dalam negeri, salah satunya UMKM mengalami kesulitan permodalan di saat pandemi Covid-19 karena menurunnya pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid-19 khususnya daerah Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor. Peneliti menggunakan jenis penelitian Analisis Regresi Linear Berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Hasil dari penelitian ini maka diperoleh faktor yang tidak memiliki pengaruh terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid-19 di Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor adalah variabel literasi keuangan dan variabel lama usaha. Terakhir, variabel jaminan, pelayanan, dan prosedur kredit memiliki pengaruh terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid 19.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Khopifah, N. ., Thantawi, T. R. ., & Anwar, M. . (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENGAJUKAN PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PELAKU UMKM DI PASAR LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR). SAHID BANKING JOURNAL, 2(02), 89–104. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.108

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>