FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENGAJUKAN PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PELAKU UMKM DI PASAR LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.108Kata Kunci:
UMKM, Literasi Keuangan, Jaminan, Lama Usaha, Pelayanan, Prosedur Kredit, dan MinatAbstrak
Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang terpuruk, akibat pandemi Covid-19. Wabah ini hampir melumpuhkan roda perekonomian dalam negeri, salah satunya UMKM mengalami kesulitan permodalan di saat pandemi Covid-19 karena menurunnya pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid-19 khususnya daerah Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor. Peneliti menggunakan jenis penelitian Analisis Regresi Linear Berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Hasil dari penelitian ini maka diperoleh faktor yang tidak memiliki pengaruh terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid-19 di Pasar Leuwiliang Kabupaten Bogor adalah variabel literasi keuangan dan variabel lama usaha. Terakhir, variabel jaminan, pelayanan, dan prosedur kredit memiliki pengaruh terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di masa Covid 19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Khopifah; Tubagus Rifqy Thantawi; Miftakhul Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.