ANALISIS LITERASI PERBANKAN SYARIAH, PENGETAHUAN PRODUK, DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI DI MASYARAKAT KECAMATAN PAMIJAHAN BOGOR)

Penulis

  • Siti Mirnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana
  • Miftakhul Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.107

Kata Kunci:

Literasi Perbankan Syariah, Pengetahuan Produk, Kepercayaan Masyarakat, dan Minat Menabung

Abstrak

Bank Syariah Indonesia adalah sebuah layanan perbankan syariah terbesar di Indonesia. Bank Syariah Indonesia ini mempunyai permasalahan yaitu banyaknya pemahaman masyarakat khususnya Kecamatan Pamijahan Bogor yang masih menyimpang dan belum ada kepercayaan sepenuhnya terhadap Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adakah nilai positif antara Literasi Perbankan Syariah, Pengetahuan Produk, dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengambilan sampel berjumlah 270 responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengetahuan Produk t hitung 2,784 > t tabel 1,969 dan sig yang dihasilkan 0,006 < 0,05 dan Kepercayaan Masyarakat t hitung 9,672 > t tabel 1,969 dan sig yang dihasilkan 0,000 < 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pengetahuan Produk, dan Kepercayaan Mayarakat berpengaruh terhadap Minat Menabung pada pada Bank Syariah Indonesia. Sedangkan Literasi Perbankan Syariah tidak berpengaruh terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Secara simultan faktor Pengetahuan Produk dan Kepercayaan Masyarakat berpengaruh dan nyata terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 110.369 > F tabel 2,64 dengan tingkat sig 0,000 atau α=5%. Sedangkan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,555 atau 55,5% selebihnya 44,5% dipengaruhi oleh faktor lain

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Mirnawati, S. ., Trihantana, R., & Anwar, M. (2023). ANALISIS LITERASI PERBANKAN SYARIAH, PENGETAHUAN PRODUK, DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI DI MASYARAKAT KECAMATAN PAMIJAHAN BOGOR). SAHID BANKING JOURNAL, 2(02), 71–88. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.107

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>