ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN BUDAYA TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI SERTIFIKASI PRODUK HALAL DI KECAMATAN PAMIJAHAN DAN KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.78Kata Kunci:
Religiusitas, Budaya, Pemahaman Sertifikasi Halal, Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten BogorAbstrak
Informasi yang beredar tentang sertifikasi halal pada produk dapat mengubah pola aktivitas pembelian masyarakat yang semula tidak terlalu peduli mengenai produk berlabel halal menjadi peduli terhadap pentingnya produk berlabel halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan budaya terhadap pemahaman masyarakat mengenai sertifikasi produk halal. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor religiusitas dan budaya secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif terhadap pemahaman masyarakat mengenai sertifikasi produk halal. Hal itu yang tercermin dalam penelitian yang berlokasi di Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Peningkatan pemahaman religiusitas dan budaya pada masyarakat dapat mendorong peningkatan dalam pengembangan pemahaman sertifikasi produk halal pada masyarakat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhamad Syahrulludin, Ermi Suryani, Bayu Purnama Putra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.