ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN BUDAYA TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI SERTIFIKASI PRODUK HALAL DI KECAMATAN PAMIJAHAN DAN KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Muhamad Syahrulludin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ermi Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Bayu Purnama Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.78

Kata Kunci:

Religiusitas, Budaya, Pemahaman Sertifikasi Halal, Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor

Abstrak

Informasi yang beredar tentang sertifikasi halal pada produk dapat mengubah pola aktivitas pembelian masyarakat yang semula tidak terlalu peduli mengenai produk berlabel halal menjadi peduli terhadap pentingnya produk berlabel halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan budaya terhadap pemahaman masyarakat mengenai sertifikasi produk halal. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor religiusitas dan budaya secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif terhadap pemahaman masyarakat mengenai sertifikasi produk halal. Hal itu yang tercermin dalam penelitian yang berlokasi di Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Peningkatan pemahaman religiusitas dan budaya pada masyarakat dapat mendorong peningkatan dalam pengembangan pemahaman sertifikasi produk halal pada masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Syahrulludin, M. ., Suryani, E., & Purnama Putra, B. (2022). ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN BUDAYA TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI SERTIFIKASI PRODUK HALAL DI KECAMATAN PAMIJAHAN DAN KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR. Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 2(01), 51–58. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.78

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA Vol II No 02 (2022)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>