ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PT. OOCL (ORIENT OVERSEAS CONTAINER LINE) INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i1.135Kata Kunci:
Manajemen Bisnis Syariah, Kualitas Pelayanan, Kinerja Karyawan, Kepuasan Konsumen PT OOCL Indonesia, Covid-19.Abstrak
Sejalan dengan perbaikan kualitas pelayanan dan kinerja karyawan sehingga perusahaan menghasilkan keuntungan, kelangsungan hidup perusahaan memerlukan penilaian terhadap kualitas pelayanan dan kinerja karyawan perusahaan tersebut agar menghasilkan kepuasan konsumen meskipun pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penilaian konsumen terhadap Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan pada PT. OOCL Indonesia, dan pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. OOCL Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000<0.05 dan thitung dibandingkan ttabel sebesar 2.777 > 0.278. Selain itu terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kinerja karyawan terhadap kepuasan konsumen dengan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 <0.05 dan thitung dibandingkan ttabel sebesar 9.547>0.278. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000, dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Fhitung dibandingkan Ftabel sebesar 101,815> 0.278. Analisis manajemen bisnis syariah yang pada dasarnya memosisikan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan sesuai dengan syariah Islam, dapat terimplementasikan pada kualitas pelayanan dan kinerja karyawan PT OOCL Indonesia. Hal tersebut terindikasikan juga pada penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan dan kinerja karyawan yang menghasilkan pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen PT OOCL Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rully Trihantana, Mohamad Sutriansyah, Ermi Suryani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

















