PENYULUHAN MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS SYARIAH BAGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA PAMIJAHAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR.
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidempowermentjournal.v2i02.98Kata Kunci:
Manajemen Pemasaran Bisnis Syariah, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten BogorAbstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang dikenal dengan UMKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Berbagai upaya pengembangan UMKM telah dilakukan, salah satunya dengan membangkitkan dan memperbanyak orang atau pengusaha baru di bidang UMKM. Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pun banyak mempunyai UMKM. UMKM yang mudah berkembang dan dijumpai di tempat tersebut ialah UMKM Kuliner. Ini potensi yang dapat menggerakkan ekonomi pedesaan, dan menyerap tenaga kerja. Namun demikian, banyak juga UMKM yang mempunyai ciri khas unggulan dalam kulinernya yang terdapat di daerah lainnya, baik desa yang berdekatan atau berjauhan yang saat ini relatif mudah dijangkan dengan jasa pengiriman online. Oleh karenanya diperlukan manajemen pemasaran bisnis syariah guna meningkatkan kemampuan UMKM tersebut dalam memasarkan dan menjual kulinernya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum, Sri Hartati Mulya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.