PROGRAMMING THE INTRODUCTION OF SHARIA ACCOUNTING IN CINANGKA VILLAGE, CIAMPEA SUB-DISTRICT, BOGOR DISTRICT

Authors

  • Tubagus Rifqy Thantawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Mohamad Kharis Mubarok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Fitri Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidempowermentjournal.v2i01.59

Keywords:

Sharia Accounting, Cinangka Village, Ciampea District, Bogor Regency

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan pengelolaan akuntansi keuangan berbasis syariah yang berlokasi di Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Pengenalan ini diberikan kepada perangkat desa khususnya bagian keuangan yang ada di Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Permasalahan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah banyaknya program-program yang berbasis desa, yang menuntut laporan pertanggungjawaban yang jelas, akuntabel, dan tepat waktu. Metode pelaksanaannya dengan pengenalan dan latihan contoh-contoh bentuk transaksi dan laporan keuangan desa bersama para Kepala Urusan Keuangan Desa dan Kepala Desa. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pemahaman para Kepala Urusan Keuangan Desa dan Kepala Desa tentang pengelolaan akuntansi keuangan syariah desa yang benar, sehingga laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan, akuntabel, dan tepat waktu. Disarankan adanya peningkatan pengetahuan sumber daya manusia terutama para Kepala Urusan Keuangan Desa dan Kepala Desa untuk penerapan akuntansi Syariah yang benar serta adanya pendampingan khusus atau pelatihan khusus secara langsung.

Published

2022-09-30

How to Cite

Thantawi, T. R., Mubarok, M. K. ., & Handayani, F. (2022). PROGRAMMING THE INTRODUCTION OF SHARIA ACCOUNTING IN CINANGKA VILLAGE, CIAMPEA SUB-DISTRICT, BOGOR DISTRICT. SAHID EMPOWERMENT JOURNAL, 2(01), 37–40. https://doi.org/10.56406/sahidempowermentjournal.v2i01.59

Issue

Section

DAFTAR PUSTAKA

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2