ANALISIS PENGARUH LITERASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MELAKSANAKAN PRINSIP-PRINSIP EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (STUDI DI KECAMATAN CIAMPEA, KABUPATEN BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i02.91Kata Kunci:
Literasi, UMKM, Keputusan, Ekonomi dan Bisnis IslamAbstrak
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah usaha yang dapat membuat banyak lapangan kerja, membantu pelayanan perekonomian secara luas, dapat meningkatkan ekonomi, dan berperan dalam menciptakan stabilitas nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu karakteristik wiraswasta syariah dalam usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tentang Literasi UMKM dalam menjalankan usahanya apakah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis islam. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jumlah sampel 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan metode Tabachic & Fidell. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh variabel independen yang terdiri atas literasi membaca literasi memahami, dan literasi mempraltikan secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif. Namun lebih dominan literasi membaca yang berpengaruh nyata dan positif terhadap keputusan dalam menjalankan prinsip-prinsp ekonomi dan bisnis Islam, dengan nilai koefisien regresi variabel sebesar 0.622 yang artinya jika variabel literasi mempraktikan mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai keputusan untuk menjalankan prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis Islam akan naik sebesar 0,622. Peningkatan literasi mempraktikan dapat mendorong UMKM dalam menentukan keputusan untuk melaksanakan prinsip-prinsi ekonomi dan bisnis Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rendi Sugiarto, Tubagus Rifqy Thantawi, Bayu Purnama Putra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.