ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH DALAM PENGELOLAAN PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN OLEH KELUARGA DI CV SANTOSA
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.83Kata Kunci:
Manajemen Syariah, Bisnis Keluarga, Good Corporate GovernanceAbstrak
Salah satu bisnis yang berkembang pesat dan menjadi salah satu bisnis yang menonjol di Indonesia adalah bisnis keluarga. CV Santosa yang menjadi objek dalam penelitian ini merupakan bisnis keluarga yang berdomisili di Jakarta dan kepemilikannya dimiliki oleh keluarga non muslim. Terdapat keunikan dalam perusahaan keluarga dimana mayoritas kepemilikan saham dan kepengurusan perusahaan dikelola dan dimiliki langsung oleh keluarga. Selain itu perusahaan sudah mengedepankan toleransi kepada karyawan muslim. Dengan memperbolehkan karyawan menggunakan jilbab, menjalankan sholat, dan disediakannya mushola. Namun demikian, dalam mengelola perusahaan, diperlukan sistem manajemen pengelolaan yang profesional, hal ini dapat diterapkannya prinsip Good Corporate Governance yang menjadi suatu pedoman tata kelola perusahaan yang baik, meliputi prinsip Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness. Islam memiliki konsep yang lebih lengkap, dengan konsep akhlakul karimah dan bertaqwa terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang menjadi keyakinan mendasar agar terhindar dari praktik yang melanggar hukum dan tidak jujur dalam menerima Amanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen syariah praktik pengelolaan perusahaan dengan struktur kepemilikan oleh keluarga agar perusahaan dapat berkelanjutan. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa dua nilai yang paling utama yang sudah sejalan sebagai dasar dalam mewujudkan tata kelola perusahaan yang beretika islami di CV Santosa yaitu nilai ‘adl (keadilan) dan nilai nubuwwah (kenabian) dimana Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam memiliki sifat yang agung yaitu: sidiq (berperilaku jujur dan benar), amanah (dapat dipercaya & bertanggung jawab), tabligh (menyampaikan dan terbuka/transparan) dan fathonah (cerdas). Bahwa dalam bisnis tingkat keadilan, kejujuran, bertanggung jawab, transparan sangat penting.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fika Fitria Ningsih, Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.