ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LEUWILIANG, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.80Kata Kunci:
Manajemen Syariah, Pelayanan Publik, RSUD Leuwiliang Kabupaten BogorAbstrak
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis pedoman dan petunjuk pelaksanaan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang Kabupaten Bogor, Menganalisis nilai-nilai manajemen syariah yang dapat diterapkan dalam pelayanan RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor. Subyek penelitian ini adalah kepala bagian sumber daya manusia dan pasien yang datang ke RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa manajemen dan bentuk pelayanan yang dilakukan oleh RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor telah disesuaikan dengan standar pemerintah yang diarahkan langsung oleh pimpinan rumah sakit kepada pegawai untuk melakukan pelayanan kepada pasien sesuai arahan pemerinttah pusat yakni melalui Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik agar tercapainya kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan. Pimpinan atau atasan RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor memiliki kinerja dan manajemen yang baik dalam mengatur segala hal khususnya terhadap pegawai atau perawat agar memberikan pelayanan yang baik kepada pasien sesuai dengan ilmu yang dimiliki serta bimbingan dari pimpinan tanpa menghilangkan nilai dan norma agama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Unjaya Ulmudin, Tubagus Rifqy Thantawi, Susi Melinasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.