ANALISIS PENGARUH MEDIA INFORMASI, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI PENERAPAN WISATA HALAL (STUDI DI KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.61Kata Kunci:
Media Informasi, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Halal, Wisata HalalAbstrak
Potensi wisata halal di Indonesia sudah cukup besar, tapi salah satu kendala dari industri pariwisata halal di Indonesia adalah kurangnya pemahaman masyarakat terkait peraturan pemerintah, konsep, serta tantangan dan potensi dari wisata halal menjadi salah satu kendala yang menyebabkan wisata halal Indonesia dinilai masih kurang populer, sehingga dibutuhkanlah pengetahuan terkait aspek-aspek wisata halal tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis persepsi masyarakat Kecamatan Pamijahan terhadap penerapan wisata halal. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jumlah sampel 66 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan metode Tabachic & Fidell. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh persepsi penerapan wisata halal yang terdiri atas media informasi, tingkat pendidikan dan pengetahuan halal secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif. Namun lebih dominan pengetahuan halal yang berpengaruh nyata dan positif terhadap persepsi penerapan wisata halal, dengan nilai koefisien regresi variabel sebesar 0,807 yang artinya jika pengetahuan halal mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai pesepsi penerapan wisata halal akan naik sebesar 0,807. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran halal (halal awareness) pada masyarakat kecamatan Pamijahan dapat mendorong peningkatan dalam pengembangan wisata halal di wilayah tersebut.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 SAHID BUSINESS JOURNAL
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.