STUDI KOMPARASI PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JKN DAN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PUSKESMAS PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR)

Penulis

  • Siti Silpi Salpiah Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ujang Buchori Muslim Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Bayu Purnama Putra Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.60

Kata Kunci:

Pelayanan Kesehatan, BPJS, Kepuasan Pasien

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan tentang kualitas pelayanan kesehatan yang dianggap kurang memuaskan dan cenderung rendah terhadap pasien BPJS dibandingkan pasien umum. Penelitian ini bersifat kuntitatif dengan pendekatan komparatif yaitu untuk mengetahui apakah terdapat persamaan atau perbedaan satu objek dengan objek yang lainnya dan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dan wawancara. Metode pengumpulan data kuesioner  dilakukan pada responden dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik Non Probability Sampling, dengan metode pengambilan sampel menggunakan sampel Insidental Sedangkan penentuan jumlah sampel menurut Roscoe dalam buku Research Methods For Business. Adapun wawancara dilakukan dengan staff puskesmas guna melengkapi data dalam penelitian ini. Dan metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas layanan pasien BPJS dan pasien umum terhadap kepuasan pasien. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis perhitungan chi-square, dapat di ketahui bahwa Asymp.Sig 0.000 ˂ 0.05 maka tolak H_0 dan terima  H_1 Secara umum pelayanan pukesmas Pamijahan diukur dari variabel pelayanan sudah sesuai dengan konsep Islam yaitu QS. Ali Imran: 159.

Diterbitkan

2022-05-01

Cara Mengutip

Salpiah, S. S., Muslim , U. B. ., & Purnama Putra, B. (2022). STUDI KOMPARASI PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JKN DAN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PUSKESMAS PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR). Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 1(02), 87–95. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.60

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA Vol 1 No 02 (2022)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama