STUDI KOMPARASI PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JKN DAN UMUM TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PUSKESMAS PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.60Kata Kunci:
Pelayanan Kesehatan, BPJS, Kepuasan PasienAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan tentang kualitas pelayanan kesehatan yang dianggap kurang memuaskan dan cenderung rendah terhadap pasien BPJS dibandingkan pasien umum. Penelitian ini bersifat kuntitatif dengan pendekatan komparatif yaitu untuk mengetahui apakah terdapat persamaan atau perbedaan satu objek dengan objek yang lainnya dan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dan wawancara. Metode pengumpulan data kuesioner dilakukan pada responden dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik Non Probability Sampling, dengan metode pengambilan sampel menggunakan sampel Insidental Sedangkan penentuan jumlah sampel menurut Roscoe dalam buku Research Methods For Business. Adapun wawancara dilakukan dengan staff puskesmas guna melengkapi data dalam penelitian ini. Dan metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas layanan pasien BPJS dan pasien umum terhadap kepuasan pasien. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis perhitungan chi-square, dapat di ketahui bahwa Asymp.Sig 0.000 ˂ 0.05 maka tolak H_0 dan terima H_1 Secara umum pelayanan pukesmas Pamijahan diukur dari variabel pelayanan sudah sesuai dengan konsep Islam yaitu QS. Ali Imran: 159.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 SAHID BUSINESS JOURNAL
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.