ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERSEROAN TERBATAS KANDAKAWANA SAKTI KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Anggi Muhamad Fahrudin Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Bayu Purnama Putra Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.50

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Manajemen Bisnis Syariah, Analisis SWOT

Abstrak

Analisis manajemen bisnis syariah dapat dilakukan terhadap strategi pemasaran perusahaan  atau perseroan terbatas agar tetap meningkatkan omset penjualannya. Strategi pemasaran berhubungan erat dengan bauran pemasaran perusahaan atau perseroan terbatas yang secara umum banyak menggunakan teori  Product, Place, Price, and Promotion, namun hal tersebut tidak terlepas dari prinsip manajemin bisnis syariah. Dalam manajemen bisnis syariah pada dasarnya sesuai kaidah muamalah bahwa segala sesuatu hukumnya boleh, kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Hal terpenting dalam  penerapan manajemen bisnis syariah terhadap strategi pemasaran yaitu melarang segala bentuk transaksi yang batil yang akan menimbulkan dampak mudharat bagi orang lain seperti adanya riba, penipuan, gharar. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan dan menganalisis secara manajemen bisnis syariah terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan atau Perseroan Terbatas Kandakawana Sakti. Analisis ini juga menggunakan teknik analisis SWOT sebagai bagian dari metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Analisis SWOT untuk mengetahui apa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh perusahaan atau perseroan terbatas ke depannya. Adapun hasil penelitian seperti pada diagram cartesius bahwa perusahaan atau perseroan terbatas berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy yang berarti situasi yang menguntungkan bagi perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan kekuatan yang dimilikinya, dapat memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka ada beberapa saran untuk pihak Perseroan Terbatas Kandakawana Sakti agar menerapkan inovasi dan variasi proses dan pemasaran, sehingga dapat memberikan daya tarik bagi konsumen dan menambah lebih banyak lagi mitra kerja yang mampu meningkatkan omset penjualan. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dilanjutkan untuk mengembangkan strategi pemasaran.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-01

Cara Mengutip

Muhamad Fahrudin, A. ., Trihantana, R., & Purnama Putra, B. . (2022). ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERSEROAN TERBATAS KANDAKAWANA SAKTI KABUPATEN BOGOR. Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 1(02), 1–8. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i02.50

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA Vol 1 No 02 (2022)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>