ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PENGARUH TRANSAKSI BELANJA ONLINE DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI DI DESA PAMIJAHAN, DESA PASAREAN, DESA CIASIHAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT)

Penulis

  • Siti Ningrat Kusuma Tabriziah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ermi Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.175

Kata Kunci:

Transaksi Belanja Online, Kepercayaan Konsumen, dan Kepuasan Konsumen

Abstrak

Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan suatu contoh dari kemajuan teknologi informasi, dimana transaksi bisnis tidak dilakukan secara konvensional, yang mengharuskan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual atau adanya keharusan menggunakan uang tunai. Tetapi penjual diwakili oleh suatu sistem yang melayani pembeli secara online dengan melalui media jaringan komputer. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan sample sebanyak 342 responden yang diambil dari Masyarakat Desa Pasarean dan Desa Ciasihan yang menggunakan e-commerce Shopee dan yang melakukan transaksi online. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner dan google form kepada Masyarakat Desa Pasarean dan Desa Ciasihan. Uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Transaksi Belanja Online secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, terdapat Pengaruh Kepercayaan Konsumen secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, dan terdapat Pengaruh Transaksi Belanja Online dan Kepercayaan Konsumen secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Kusuma Tabriziah, S. N. ., Trihantana, R. ., & Suryani, E. (2024). ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PENGARUH TRANSAKSI BELANJA ONLINE DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI DI DESA PAMIJAHAN, DESA PASAREAN, DESA CIASIHAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT). Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 3(2), 155–171. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.175

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>