ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PENGARUH TRANSAKSI BELANJA ONLINE DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI DI DESA PAMIJAHAN, DESA PASAREAN, DESA CIASIHAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.175Kata Kunci:
Transaksi Belanja Online, Kepercayaan Konsumen, dan Kepuasan KonsumenAbstrak
Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan suatu contoh dari kemajuan teknologi informasi, dimana transaksi bisnis tidak dilakukan secara konvensional, yang mengharuskan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual atau adanya keharusan menggunakan uang tunai. Tetapi penjual diwakili oleh suatu sistem yang melayani pembeli secara online dengan melalui media jaringan komputer. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan sample sebanyak 342 responden yang diambil dari Masyarakat Desa Pasarean dan Desa Ciasihan yang menggunakan e-commerce Shopee dan yang melakukan transaksi online. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner dan google form kepada Masyarakat Desa Pasarean dan Desa Ciasihan. Uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Transaksi Belanja Online secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, terdapat Pengaruh Kepercayaan Konsumen secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, dan terdapat Pengaruh Transaksi Belanja Online dan Kepercayaan Konsumen secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Ningrat Kusuma Tabriziah, Rully Trihantana, Ermi Suryani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.