ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PENGARUH INFORMASI DAN PEMBERIAN HADIAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI PADA PENGGUNA BUKALAPAK DI KECAMATAN PAMIJAHAN DAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT)

Penulis

  • Sulian Nur Andini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ermi Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Susi Melinasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.169

Kata Kunci:

Informasi, Pemberian Hadiah dan Keputusan Pembelian, Manajemen Bisnis Syariah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang terdiri dari informasi dan pemberian hadiah pada platform Bukalapak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Bukalapak di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang. Sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik accidental sampling, yang berjumlah 100 responden. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. analisis data menggunalan analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukan variabel informasi (X1) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online (Y) pada pengguna aplikasi Bukalapak di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah. dengan nilai t hitung sebesar 3,554 > t-tabel sebesar 1,98472 dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Variabel pemberian hadiah (X2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online (Y) dengan nilai t- hitung sebesar 8,604 > t-tabel sebesar 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan variabel informasi dan pemberian hadiah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembelian secara online (Y) pada pengguna aplikasi Bukalapak di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah. dengan hasil nilai F hitung sebesar 103,7895 > F tabel sebesar 3,09. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji parsial dan simultan bahwa informasi dan pemberian hadiah berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online dalam perspektif Manajemen Bisnis Syariah pada pengguna Bukalapan di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Andini, S. N., Suryani, E. ., & Melinasari, S. . (2024). ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH PENGARUH INFORMASI DAN PEMBERIAN HADIAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI PADA PENGGUNA BUKALAPAK DI KECAMATAN PAMIJAHAN DAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT). Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 3(2), 67–93. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.169

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>