ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS SYARIAH STRATEGI PRODUK SUPERKUE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (STUDI SUPERKUE TERMINAL LEUWILIANG, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.167Kata Kunci:
Pemasaran, Analisi SWOT (IFAS & EFAS), Kepuasan KonsumenAbstrak
Tujuan penelitian ini ialah menganalisis dan menjelaskan strategi apa yang digunakan oleh Toko SuperKue Outlet Terminal Leuwiliang untuk meningkatkan kepuasan konsumen serta untuk mengetahui faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepuasan konsumen Toko SuperKue Outlet Terminal Leuwiliang. Metode pengolahan data terdiri dari analisis kualitatif yang menggunakan pendekatan Induktif. Sampel dalam penelitian ini adalah: Penanggung Jawab Outlet, Bagian Pelayanan, Bagian Produksi. Hasil dari penelitian ini adalah: Bahwa Toko SuperKue Outlet Terminal Leuwiliang berada di posisi sell V yaitu hold and maintain atau stabilisasi dengan total skor faktor strategi internal 2, 47 dan total skor strategi eksternal (2,42). Strategi yang biasanya diterapkan pada sel V ini adalah penetrasi pasar (Market Penetration) dan pengembangan produk (Product Development). Strategi yang dapat diterapkan oleh Toko SuperKuer Outlet Terminal Leuwiliang adalah SuperKue mempertahankan kualitas produk dan menambah varian produk, meningkatkan pelayanan kepada konsumen, memanfaatkan kemajuan teknologi (website, Facebook, Instagram, Whatshap dll), menyediakan jasa pesan antar, menyediakan diskon dan hadiah, membuka cabang baru, merekrut karyawan khusus media, menyediakan kendaraan opersional, menjaga harga yang bervarian, memberikan pelatihan/studi banding untuk karyawan, meningkatkan jumlah sarana operasional serta melakukan promosi melalui media cetak ataupum media elektronik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Novia Alviani, Tubagus Rifqy Thantawi, Hafid Fadilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.