ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS SOTO MIE BOGOR KANG JAMAL
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i2.165Kata Kunci:
Manajemen Syariah, Pengembangan Bisnis, Soto Mie Bogor Kang JamalAbstrak
Strategi pengembangan bisnis merupakan suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan guna mengembangkan bisnis yang dijalankannya. Dalam hal ini, terdapat beberapa alasan yang mendukung pengembangan suatu usaha, diantaranya yaitu potensi terhadap penciptaan dan perluasan tenaga kerja bagi pengangguran, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, dan untuk menumbuhkan skill yang dimiliki oleh masyarakat. Dengan adanya usaha Soto Mie Bogor Kang Jamal yang menerapkan strategi pengembangan bisnis secara efektif dan efisien, maka dapat menjadikan usaha Soto Mie Bogor Kang Jamal mampu memberdayakan masyarakat yang mandiri dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan tidak melanggar prinsip-prinsip Islam. Metode kualitatif memakai penelitaian model spradley Analisis datanya. Dalam hasil penelitian bahwa strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Soto Mie Bogor Kang Jamal yaitu strategi kombinasi bersama, yakni strategi integrasi vertikal (strategi integrasi ke depan, strategi integrasi ke belakang, dan strategi integrasi horizontal), strategi intensif (strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk), dan strategi diversifikasi menerapkan strategi diversifikasi terkait/ konsentrik. Jika dianalisis dengan ekonomi Islam, strategi-strategi yang diterapkan Soto Mie Bogor Kang Jamal secara umum sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam hal ini Soto Mie Bogor Kang Jamal hanya fokus pada strategi-strategi secara umum, namun Soto Mie Bogor Kang Jamal juga tidak melupakan hal-hal yang diatur oleh agama Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jamaludin R, Rully Trihantana, Ermi Suryani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.