PERSPEKTIF EKONOMI DAN BISNIS ISLAM MENGENAI PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART CIBATOK KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v3i1.132Kata Kunci:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, AlfamartAbstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis dan menjelaskan apakah variabel bebas (Harga dan Kualitas Pelayanan) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Kepuasan Konsumen). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif. Subjek penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Alfamart Cibatok, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) nilai signifikansi 0,002 yang lebih kecil (<) dari 0,05. Artinya ada pengaruh secara signifikan antara Harga dengan Kepuasan Konsumen. (2) Nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil (<) dari 0,05. Artinya ada pengaruh secara signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen. (3) Secara simultan F hitung sebesar 987,521 dengan hasil sinifikansi sebesar 0,000 dan F tabel = F (k; n-k) = F = (2;97) = 3, 09 yang hasil tersebut menunjukkan bahwa F hitung sebesar 987,521 lebih besar (>) dari 3, 09 dan nilai sig. sebesar 0,00 lebih kecil (<) dari 0,05. Artinya Harga, dan Kualitas Pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Dari sudut pandang ekonomi dan bisnis Islam, harga yang ditetapkan oleh Alfamart Sat Raya Cibatok Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor sesuai dengan konsep ekonomi dan bisnis Islam, yaitu memakai prinsip keadilan, suka sama suka dari kedua belah pihak, tidak ada unsur paksaan, dan tidak ada yang dirugikan oleh salah satu pihak (zholim). Dari sisi kualitas pelayanan, Alfamart Sat Raya Cibatok Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor telah memberikan pelayanan yang prima dalam menjalankan usahanya dan sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis Islam. Salah satunya adalah memberikan empati kepada konsumen dengan cara memberikan sapaan, memberikan senyuman serta memberikan perhatian individual dengan sepenuh hati. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variabel terkait dapat ditunjukkan pada nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,952 yang menunjukkan sebesar 0,952 atau 95,2% Kepuasan Konsumen dapat dipengaruhi oleh Harga, dan Kualitas Pelayanan dan sisanya sebesar 4,8% Kepuasan Konsumen di pengaruhi oleh variabel lain.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitri Handayani, Tubagus Rifqy Thantawi, Muhammad Kharis Mubarok
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.