ANALISIS PENGARUH MEDIA INFORMASI, RELIGIUSITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI WAKAF UANG DI KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR.

Penulis

  • Siti Neli Ismawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Susi Melinasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Hasbi Ash Shiddieqy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i02.101

Kata Kunci:

Information Media, Religiosity, Social Environment, and Waqf Cash

Abstrak

Peran wakaf uang sebagai salah satu sumber dana sosial sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan umat dan belum terwujudnya sistem pengelolaan secara optimal berbanding terbalik dengan besarnya potensi wakaf uang yang dapat membantu meningkatkan pembangunan. dari masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media informasi, religiusitas, dan lingkungan sosial terhadap pemahaman masyarakat terhadap wakaf uang. Jumlah variabel yang diteliti ada empat, terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor dengan sampel sebanyak 75 responden dengan menggunakan metode Tabachic & Fidell. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling dengan teknik simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik dokumentasi dan angket berbentuk skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari media informasi, religiusitas, dan lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap pemahaman masyarakat. wakaf uang dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 atau 5%. Namun variabel religiusitas dan lingkungan sosial yang lebih dominan berpengaruh positif terhadap pemahaman masyarakat terhadap wakaf tunai, dengan koefisien regresi masing-masing variabel religiusitas sebesar 0,273 dan variabel lingkungan sosial sebesar 0,603. Kemampuan prediksi ketiga variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 48,1%. Sedangkan sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Ismawati, S. N. ., Melinasari, S. ., & Shiddieqy, H. A. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA INFORMASI, RELIGIUSITAS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI WAKAF UANG DI KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR. Sahid Business Journal : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, 2(02), 129–143. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i02.101

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA Vol II No 02 (2022)