ANALISIS PREFERENSI NASABAH TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) IKHLASUL UMMAH, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.71Kata Kunci:
Preferensi, Murabahah, Mudharabah, BMT Ihklashul Ummah Kabupaten BogorAbstrak
Baitul Mal wa Tamwil atau disingkat menjadi BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang berlandaskan Al-Qur'an dan Al-Hadits yang mengacu pada prinsip muamalah. Salah satu produk yang paling diminati nasabah adalah murabahah dan produk pembiayaan mudharabah. Dalam memutuskan memilih dan menggunakan suatu produk pembiayaan, dipengaruhi oleh preferensi nasabah melalui beberapa faktor seperti faktor psikologis, faktor personal, dan faktor sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap pembiayaan akad murabahah dan mudharabah pada BMT Ikhlashul Ummah Kabupaten Bogor, dan menganalisis preferensi nasabah terhadap pembiayaan akad pembiayaan murabahah dan mudharabah pada BMT Ihklashul Ummah Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan pola pikir induktif yang mengambil pernyataan khusus kemudian menarik kesimpulan umum. Dengan demikian dapat diketahui preferensi nasabah dalam menggunakan pembiayaan akad murabahah dan mudharabah di BMT Ikhlashul Ummah Kabupaten Bogor.
Referensi
Ahmad, Gousul. (Manajer). Wawancara. File Profile BMT Ikhlashul Ummah. Bogor, 20 Januari 2020
Anam, Samsul. Dkk., Manajemen Pemasaran, Surabaya: IAIN Sunan Ampel 2013.
Antonio, Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Darsono, dkk. Perbankan Syariah di Indonesia, Jakarta : Rajawali Pers, 2017.
Dewi, Gemala. Hukum Perikatan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana 2005.
Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta IIIT-Indonesia, 2002.
Kertamukti, Rama. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: PT Grafindo, 2015.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga, 2009.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian Jilid 1, Alih Bahasa Jaka Wasana. Jakarta: Prehalindo, 1997.
Ma’ruf, Hendri. Pemasaran Retel. Jakarta: Gramedia, 2006.
Mardani. Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqih Muamalah. Jakarta: Kencana, 2013.
Miller, Roger Leroy dan Roger E. Meiners, Teori Mikro Ekonomi Intermediate. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000.
Miles, Michael. Analisis data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP, 1992.
Nasution, Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Ningsih, Ekawati rahayu. Prilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek dalam Pemasaran. Kudus: Nora Media Enterprise, 2010.
Prasetijo, Ristiyanti dan Jhon JOI Ihalauw. Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Alfabeta, 2000.
Subagyo. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: STIE YKPN, 2005.
Sudarman, Ari. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. 2003.
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D), Bandung: CV Alfabeth. 2008.
Suyanto, Sutinah. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Grup. 2006.
Sugiono. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2010.
Usman, Rachmadi. Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Neneng Nurhasanah, Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.