ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SAHID MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR

Penulis

  • Hinka Lutfiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ermi Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.67

Kata Kunci:

Minat, Motivasi, Status Sosial Ekonomi, Keputusan Melanjutkan Studi

Abstrak

Keputusan melanjutkan studi ke perguruan tinggi dapat diartikan sebagai proses dalam pencarian dan pengambilan tahapan untuk mendapatkan hasil dalam melanjutkan atau meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini dilatar belakangi akan adanya faktor-faktor siswa yang berbeda-beda dalam memilih program studi dan memilih perguruan tinggi untuk melanjutkannya pendidikan siswa tersebut. Perguruan tinggi harus mampu mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi siswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, data penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer, sampel yang diambil sebanyak 30 siswa SMK Sahid Bogor yang merupakan sampel jenuh, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, website, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis, secara parsial bahwa faktor minat dan motivasi tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa SMK Sahid melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid sedangkan faktor status sosial ekonomi berpengaruh dalam keputusan melnajutkan studi. Secara simultan faktor minat, motivasi, dan status social ekonomi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan melanjutkan studi, secara koefisien determinasi ditunjukkan nilai R Square sebesar 0,257 atau 25,7%.

Referensi

D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57

Desy, E. (2016). Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Jurnal Ilmiah “Dunia Ilmu,” Vol.2 No.1(1).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838

Firmiana, M. E., Rahmawati, S., & Imawati, R. (2016). “Mewah Menuju Rahmatullah” : Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Trend Pemakaman Mewah Masyarakat Muslim. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 282. Https://Doi.Org/10.36722/Sh.V2i4.176

Fitriani, K. (2013). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj Pengaruh, 2(1).

Hidayat, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat dan Keputusan Siswa SMA Sederajat di Kabupaten Rokan Hilir dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Jom Fekon, 2, 1–15.

I Nurdin, Sugiman, S. (2018). Penerapan Kombinasi Metode Ridge Regression (Rr) dan Metode Generalized Least Square (Gls) untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas dan Autokorelasi. Jurnal Mipa, 41(1).

Indriyanti, N., Siswandari, & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe Uns, 1(2).

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2), 157–166. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V5i2.13140

Muhyadi, M. (2015). Teknik Pengambilan Keputusan. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 3(2). Https://Doi.Org/10.21831/Efisiensi.V3i2.3796

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. Https://Doi.Org/10.29407/Nusamba.V3i1.12026

Nurrahman, I., & Utama, D. H. (2016). Pengaruh Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Smartphone Nokia Series X di Bec Bandung). Journal Of Business Management Education (Jbme), 1(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jbme.V1i1.2278

P, A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V3i2.10012

Pradja, N. S., & Suwardi, S. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Survey pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(01), 1. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V15i01.1002

Purnama Sari, C., Purwanggono, B., & Puspitasari, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Mal sebagai Tempat Berbelanja. None, 5(2), 1–7.

Purwanti, P., Adrian, F., & Irawan, A. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi ke Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan (Studi Kasus pada Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bogor). Manajemen, 1–14.

Ratnasari, J., & Syahrudin, H. (2013). Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 2(5), 15–24. Https://Doi.Org/10.15294/Dp.V1i2.476

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2019). Analisis Minat Siswa SMK terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi Ditinjau dari Prestasi Belajar. Sebatik, 23(2), 522–527. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V23i2.809

Sari, N. (2015). Pengaruh Status Ekonomi Keluarha terhadap Minat Pendidikan Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK N Pontianak. Skripsi Pendidikan Ekonomi Uniersitas Tanjungpura Pontianak, 3, 6. Diambil dari Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/5974/Pdf

Setiawan, R. (2018). Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi Smk Dharma Putera Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(2), 176–190. Https://Doi.Org/10.35972/Jieb.V4i2.212

Siti Khadijah1, Henny Indrawati2, S. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, 178–188.

Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.

Sugiyono, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Penerbit Alfabet.

Yusa, V. De, & Saputra, M. (2019). Analisis Peminatan Calon Mahasiswa terhadap Program Studi Perguruan Tinggi di Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Fe-Umm, 13(1), 1–5.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Lutfiah, H. ., Trihantana, R. ., & Suryani, E. . (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SAHID MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR. SAHID BANKING JOURNAL, 2(01), 52–66. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.67

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>