ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH TERHADAP PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BOGOR

Penulis

  • Dewi Amalia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Tubagus Rifqy Thantawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Azizah Mursyidah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.66

Kata Kunci:

Manajemen Syariah, Bank Syariah, Marketing Mix, Produk Bank Syariah

Abstrak

Dalam upaya mempertahankan stabilitas usaha bank syariah bukanlah pekerjaan yang mudah karena bank syariah dituntut harus mampu bersaing dengan lembaga perbankan lain dalam menjalankan usahanya, terutama dalam pengembangan produk-produk yang diperjualbelikan. Selain itu, bank syariah juga dituntut mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan nasabah agar para nasabah tetap loyal untuk membeli jasa/produk-produk yang ditawarkan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi marketing mix dalam pemasaran produk-produk pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor dan analisis manajemen syariah terhadap penerapan strategi Marketing Mix dalam pemasaran produk-produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor. Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengolahan dan analisis datanya menggunakan metode analisis kualitatif bentuk interaktif. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan, bahwa (1) Penerapan strategi Marketing mix (bauran pemasaran), dengan menggabungkan Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Lokasi dan Lay Out, Strategi Promosi pada BSM Cabang Bogor secara umum dapat berjalan dengan baik; (2) Analisis manajemen syariah terhadap penerapan strategi marketing mix seperti strategiproduk (Product), strategi harga (Price), strategi tempat (Place), dan strategi proposi (Promotion) dalam memasarkan produk-produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor melalui fungsi planning, organizing, actuating, dan controlling ditemukan beberapa hal diantaranya BSM Cabang Bogor telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau nasabah, sehingga bank tersebut mampu memberikan service excellent and customer careke pada masyarakat atau nasabah.

Referensi

Arifin, Johan. penguatan manajemen syariah Total Quality Management bagi pelaku lembaga keuangan syariah di kota Semarang. Jurnal at- Taqaddum, Volume 8, Nomor 2, November 201. Diakses pada tanggal28 Maret 2021 pada pukul 5:34 WIB.

Harahap, Sunarji. Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. Jurnal At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1, 2017: 211-234. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 pada pukul 5:28 WIB.

Idawati, Satriawan. D, & Afandi, M. (2020). Sosialisasi Produk Lembaga Keuangan Syariah Pada Masyarakat Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, http://www.ejournal.radenintan.ac.id

Maleha Yanti, N & Choiriyah. 2018. Sosialisasi Pengenalan Lembaga Keuangan Konvensional dan Syariah di SMA Adabiyah Palembang, Jurnal Abdimas Mandiri 2(1), 11-18.

Maleha Yanti, N & Fadillah. 2019. Sosialisasi Pemasaran dan Komunikasi Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah, Jurnal Abdimas Mandiri 3(2), 109-114. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/HMN

Masnita, Y, Tiyowati H, & Khomsiyah. (2020). Pemberdayaan Lembaga Keuangan Syariah dalam Meningkatkan Peran Inklusi Keuangan. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera.1(1), 26-37. https://www.trijurnal.lemlit.trisakt i.ac.id/juara/article/view/5911/4829

Santoso, I. (2018). Sosialisasi dan Pelatihan Implementasi Akad- Akad dan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2), 151-158. http://ppm.ejournal.id/index.php/p engabdian/article/view/66

Abu Sinn, Ahmad Ibrahim. 2012. Manajemen Syariah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Alma, Buchori. 2011. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.

Aminudin Aziz, Fathul. 2012. Manajemen Dalam Perspektif Islam, Cet.1. Majenang: Pustaka El-Bayan.

Amir, Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo

Angipora, Marius. 1999. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi I Cetakan I. Jakarta : PT. RajagrafindoPersada.

Antonio, Syafi’i. 2003. Bank Syariah, dari Teori ke Praktik. Jakarta : Rajawali Pres.

Antonio, M. Syafi'i dan Karnaen A. Perwataatmadja, 2010, Apa dan Bagaimana Bank Islam, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Basu, Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Offset.

Chapra, M. Umer, 2010, Sistem Moneter Islam, Cetakan Keenam. Jakarta: Gema Insani Press.

Charles W, Lamb. 2001. Pemasaran, Jakarta : PT Salemba Emban Patria. Faisal, Sanafiah, 2005, Format-Format Penelitian Sosial, Dasar-Dasar dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2010. Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta : Gema Insani Press

Handoko, T. Hani, dkk. 2012. Manajemen dalam Berbagai Perspektif, Jakarta : Erlangga.

Jawwad, Muhammad Abdul. 2011. Menjadi Manajer Sukses, Edisi Revisi. Jakarta Gema Insani.

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. 2010. Syariah Marketing. Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Khan, Tariqullah and Habib Ahmed, 2010, Risk Management: An Analysis of Issues in Islamic Financial Industry, Occasional Paper No. 5, Jeddah: IRTI-Islamic Development Bank.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. (terjemahan : Hendra Teguh dan Romi a. Rusli) Jakarta : Prenhallindo.

Muhammad, 2010. Manajemen Dana Bank Syariah, Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pres.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perwaatmadja & Antonio. 1992. Apa Dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf..

Saeed, Abdullah, 2010, Menyoal Bank Syariah : Kritik Atas Interpretasi Bunga Bank Kaum Neo-Revivalis, Jakarta: Paramadina.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syahdeni, Sutan Remi. 1999. Perbankan Islam dan Kedudukannya Dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia. Jakarta : Grafiti.

Terry, George R. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf. M, Pawit. 2012. Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Zeid, Mestika, 2004, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zulkifli, Sunarto. 2007. Panduan Praktis Perbankan Syariah. Jakarta : Bestari Buana Murni.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Amalia, D. ., Thantawi, T. R. ., & Mursyidah, A. . (2022). ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH TERHADAP PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM PEMASARAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BOGOR. SAHID BANKING JOURNAL, 2(01), 35–51. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.66

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>