ANALISIS MINAT MASYARAKAT DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI PT. BPRS AMANAH UMMAH KANTOR CABANG CICURUG (Studi Pada Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumu, Jawa Barat)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.21Kata Kunci:
Islamic banks, Islamic Bank Products, Customer Interest, service variables, reputation and procedures, quantitative methodsAbstrak
ABSTRAK
Bank adalah lembaga perantara keuangan yang menghimpun dana masyarakat dari pihak yang memiliki kelebihan dana dan menyalurkan dana kepada pihak yang membutuhkan. Pembiayaan adalah kegiatan bank syariah dalam menyalurkan dana kepada pihak lain berdasarkan prinsip syariah. Penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan didasarkan atas kepercayaan yang diberikan oleh pemilik dana kepada pengguna dana. Pembiayaan di bank syariah menggunakan akad sesuai kebutuhan seperti jual beli ada murabahah, salam dan istishna, dalam bentuk kerjasama ada mudharabah dan musyarakah, dalam jasa sewa ada ijarah dan IMBT serta pituang dalam bentuk qordh. . Kepentingan pelanggan merupakan bentuk keinginan dan ketertarikan terhadap suatu proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh konsumen atau pelanggan. Ada beberapa tahapan dalam proses pengambilan keputusan yang umumnya dilakukan oleh seseorang yaitu pengenalan kebutuhan dan proses informasi konsumen. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh variabel pelayanan, reputasi dan prosedur mempengaruhi atau tidak minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pelayanan dan prosedur berpengaruh terhadap minat sedangkan variabel reputasi tidak berpengaruh. Secara simultan variabel pelayanan, reputasi dan prosedur secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel minat.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 SAHID BANKING JOURNAL

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.