ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN HAJI BJB SYARIAH KCP BOGOR JEMBATAN MERAH

Penulis

  • Verlya Salsabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Tubagus Rifqy Thantawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Miftakhul Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.194

Kata Kunci:

Tabungan haji, faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya produk yang sama, semua bank berlomba – lomba dalam mencari nasabah. Untuk itu, harus memiliki strategi  yang tepat untuk menarik minat nasabah dalam penggunaan produk tabungan haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah bank BJB Syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif. Data yang dioalah berupa data parsial dan data simultan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner, pengolahan data menggunakan SPSS. Dari hasil uji pada penelitian ini bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis yang paling nyata dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam tabungan haji adalah faktor budaya. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien sebesar 0,281 dengan nilai signifikan 0,06. Dengan demikian faktor budaya merupakan faktor yang terpenting dalam mempengaruhi keputusan nasabah terhadap tabungan haji, jika dibandingkan dengan faktor sosial, pribadi, maupun psikologis.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang: UNDIP.

Hayuningtyas, R. S. (2020). Ponorogo: Fakultas Ekonomi.

Kotler, Philp, and Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philp, and Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. 13th ed. Jakarta: Erlangga (Bob Sabran).

Kotler, Philp. (1996). Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Moeleong, L. J. (1996). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pusaka

Sugiyono. (2016). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R Dan D. Bandung: CV. Alfabeta.

A.N., Daulay. (2017). “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah di Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.4(1).

Arianti Fikri, “Cara dan Syarat Buka Tabungan dan Daftar Haji di Kemenag”, dalam https://www.cermati.com/artikel/cara-dan-syarat-buka-tabungandan-daftar-haji-di- kemenag.

Ayu Puspita Santika. (2020). “Sistem Pembiayaan Mitra Emas IB Maslahah Pada PT. Bank BJB Syariah Cabang Bogor”. Program Studi Perbankan & Keuangan Diploma Tiga Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan.

Rizka Safitri Hayuningtyas, (2020). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Tabungan Haji di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. (Studi pada BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-10

Cara Mengutip

Salsabila, V. ., Thantawi, T. R., & Anwar, M. . (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN HAJI BJB SYARIAH KCP BOGOR JEMBATAN MERAH. SAHID BANKING JOURNAL, 4(1), 58–72. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.194

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>