STRATEGI KSPPS BAYTUL IKHTIAR CABANG PAMIJAHAN BOGOR DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA MASA COVID-19

Penulis

  • Siska Oktavia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Rully Trihantana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ria Kusumaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.190

Kata Kunci:

Strategi, KSPPS, UMKM

Abstrak

Pelaku UMKM di KSPPS Baytul Ikhtiar Cabang Pamijahan selama ini mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, maka diperlukan penelitian untuk mengetahui kondisi UMKM dan bagaimana caranya KSPPS Baytul Ikhtiar cabang Pamijahan mengembangkan strategi usaha dengan para pelaku usaha UMKM di tengah kondisi beberapa anggota mengalami pembiayaan macet karena berkurangnya penghasilan anggota selama pandemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pihak KSPPS Baytul Ikhtiar Cabang Pamijahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan cara mengumpulkan, menjabarkan, dan membentuknya dalam analisis SWOT. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Strategi yang di lakukan KSPPS Baytul Ikhtiar dalam mengembangkan UMKM yaitu dengan strategi Pendampingan. Dimana pelaku UMKM yang diberi pembiayaan disurvey langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan UMKM dan memberikan arahan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas usaha. Dengan adanya pendampingan tersebut membuat pelaku UMKM bisa membina manajemen UMKM dengan baik dan pemasaran yang bagus, dapat meningkatkan dan melancarkan pendapatan UMKM. Pendampingan tersebut seperti pendampingan dalam pengelolaan dana, pendampingan dalam manajemen keuangan demi keberlanjutan UMKM.

Referensi

Ariyanto, iA. i(2021). iStrategi iPemasaran iUmkm iDi iMasa iPandemi. iSumatra iBarat: iInsan iCendekia iMandiri.

Dalimunthe, iN. i(2020). iAnalisis iStrategi iBmt iDalam iUpaya iPengembangan iUmkm iDi iKspps iBmt iUb iAmanah iLaut iDendang. iMedan: iSkripsi.

Kurniadi. i(2011). iPraktek iPenelitian iKualitatif iPengalaman iDari iUgm. iYogyakarta.

Rahmadi. i(2011). iPengantar iMetodologi iPenelitian. iBanjarmasin.

Semiawan. i(2010). iMetode iPenelitian iKualitatif iJenis,Karakteristik iDan iKeunggulannya. iJakarta.

Sridewi. i(2020). iAnalisis iStrategi iPengembangan iUsaha iDalam iMeningkatkan iPendapatan.

Sugiyono. i(2013). iMetode iPenelitian iKuantitatif iKualitatif iDan iR&D. iBandung.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-10

Cara Mengutip

Oktavia, S. ., Trihantana, R., & Kusumaningrum, R. . (2024). STRATEGI KSPPS BAYTUL IKHTIAR CABANG PAMIJAHAN BOGOR DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA MASA COVID-19. SAHID BANKING JOURNAL, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v4i1.190

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>