ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG LAYANAN PEMBIAYAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH (Studi Pada Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.17Kata Kunci:
Perception, Financing, Information Technology, Sharia PrinciplesAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap layanan pembiayaan berbasis digital (online) berdasarkan prinsip syariah. metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Bogor, sedangkan data sekunder berupa informasi yang diperoleh dari internet, buku, jurnal, artikel dan literatur lainnya. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar (70%) masyarakat belum mengetahui tentang layanan berbasis digital (online) berdasarkan prinsip syariah. Selain itu analisis persepsi masyarakat dari segi kebutuhan (48%) masyarakat cukup membutuhkan dan jika dilihat dari segi kepentingan (44%) masyarakat cukup concern menggunakan layanan pembiayaan berbasis digital (online). berdasarkan prinsip syariah. dengan persepsi untuk menghindari praktek riba dan menghindari penipuan yang terjadi pada kredit konvensional. Dalam hal ini perlu peningkatan sosialisasi dan keberadaan fasilitator untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar terhindar dari praktik riba.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Rifal Arrifqi, Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.