ANALISIS MINAT DAN PEMANFAATAN APLIKASI BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PADA KARYAWAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH AMANAH UMMAH, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Penulis

  • Fariz Fajar Riyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor.
  • Rully Trihantana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor
  • Ria Kusumaningrum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v3i02.154

Kata Kunci:

Persepsi, Pembayaran melalui Fintech, Pembayaran Non Tunai

Abstrak

Hadirnya layanan Financial Technology (Fintech) Payment berbasis aplikasi merupakan sebuah inovasi yang menjadikannya salah satu penunjang dalam transaksi non-tunai serta mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2014. Fintech Payment memiliki porsi penggunaan yang lebih besar daripada layanan Financial Technology  lainnya. Pemanfaatan layanan tersebut semakin meningkat di saat pandemi COVID-19 karena dapat mengurangi kontak fisik antara pembeli dan penjual saat transaksi. Pada tahun 2021 penggunaan aplikasi DANA, OVO, dan GOPAY menjadi aplikasi fintech payment yang paling tinggi penggunaannya serta meliki pengguna terbesar di pulau Jawa, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Oleh karena itu diperlukan analisis mengenai minat dan pemanfaatan aplikasi berbasis financial technology. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan persepsi karyawan BPRS Amanah Ummah tentang minat pemanfaatan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survey. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan melalukan penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi Kemanfaatan (X2), serta Persepsi Kepercayaan (X3) mempengaruhi minat pemanfaatan aplikasi berbasis financial technology (fintech) (Y) sebesar 70.1%, sedangkan, sisanya (29.9%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan aplikasi berbasis financial technology (fintech), sedangkan persepsi kemudahan dan persepsi kemanfataan tidak berpengaruh secara signifikan. Sehingga apabila tingkat kepercayaan pada layanan fintech payment tersebut terdapat peningkatan atau penurunan maka akan diikuti dengan peningkatan maupun penurunan terhadap minat penggunaan fintech payment (DANA/OVO/GOPAY) tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Riyadi, F. F. ., Trihantana, R. ., & Kusumaningrum, R. . (2024). ANALISIS MINAT DAN PEMANFAATAN APLIKASI BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PADA KARYAWAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH AMANAH UMMAH, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT. SAHID BANKING JOURNAL, 3(02), 67–87. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v3i02.154

Terbitan

Bagian

DAFTAR PUSTAKA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>