ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN JUAL BELI ONLINE DAN JUAL BELI OFFLINE OLEH MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v3i01.117Kata Kunci:
Jual Beli Online, Jual Beli Offline, Minat Beli Konsumen, Keputusan PembelianAbstrak
Sistem pembelian online dan sistem pembelian langsung adalah alat yang digunakan masyarakat dalam melakukan pembelian produk. Pembelian secara online adalah bentuk persentase dan promosi, pemasaran barang dan jasa dengan menggunakan media tertentu seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, papan iklan, brosur, sosial media, internet dan lain-lain, sedangkan pembelian secara langsung adalah situasi ketika seorang penjual menawarkan/menjual produk - produknya secara langsung kepada konsumen (baik konsumen perorangan maupun bisnis). Minat yang timbul dari dalam diri konsumen akan berpengaruh dalam peningkatan jumlah pembelian, karena akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen untuk membeli barang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan antara pembelian secara online dan pembelian secara langsung terhadap minat beli konsumen pada keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan Kuisioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i yang pernah melakukan transaksi pembelian online dan langsung. Jumlah responden dari penelitian ini sejumlah 132 responden. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan software SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan jual beli secara online dengan penggunaan jual beli secara langsung dimasa pandemi pada mahasiswa INAIS Bogor.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Geopani Abad, Rully Trihantana, Ria Kusumaningrum
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.