ANALISIS EMPIRIK PENGGUNAAN INTERNET BANKING DAN MOBILE PHONE BANKING PADA BANK SYARIAH DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v3i01.115Kata Kunci:
Internet Banking, Mobile Phone Banking, Bank Syariah, KSPPSAbstrak
Perkembangan teknologi yang terjadi secara terus menerus mempengaruhi pola layanan pada dunia perbankan. Bank syariah dan KSPPS yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkannya kembali serta melayani berbagai transaksi perbankan lainnya kini dapat dilakukan secara digital melalui layanan internet banking dan mobile phone banking. Trend penggunaan layanan internet banking dan mobile phone banking tentunya membantu masyarakat dalam melakukan transaksi di masa pandemi Covid-19. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-f aktor yang mempengaruhi penggunaan internet banking dan mobile phone banking di masa pandemi Covid-19. Terdapat 7 faktor yang diteliti yaitu kenyamanan dan keamanan, literasi, desain dan fitur, biaya, lingkungan, keadaan/kondisi serta keuntungan. Sampel di dapatkan dari 15 desa yang ada di kecamatan Cibungbulang dengan responden berjumlah 85 orang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis/CFA) yang diuji menggunakan SPSS. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi tambahan untuk penelitian berikutnya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitri Ali Rahmayani, Tubagus Rifqy Thantawi, Miftakhul Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.