ANALISIS EMPIRIK PENGGUNAAN INTERNET BANKING DAN MOBILE PHONE BANKING PADA BANK SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI KECAMATAN DRAMAGA, KABUPATEN BOGOR).
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i02.109Kata Kunci:
Empirik Penggunaan Internet Banking dan Mobile Phone Banking, Bank Syariah, Pandemi Covid-19Abstrak
Di masa pandemi covid-19 ini kita di tuntut menjaga jarak dan dianjurkan untuk dirumah saja, hal ini membuat semua bank syariah menyediakan layanan berbasis internet untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi. Pentingnya menggunakan layanan berbasis internet seperti internet banking dan mobile phone banking di masa pandemi dirasakan langsung oleh nasabah di Kecamatan Dramaga, ini mempermudah peneliti untuk menganalisis empirik penggunaan internet banking dan mobile phone banking pada Bank Syariah di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif pendekatan fenomenologi subjek penelitian di Kecamatan Dramaga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan dan pemanfaatan internet banking dan mobile phone banking sangat tinggi, karena nasabah di Kecamatan Dramaga merasa aman dan hemat biaya dalam penggunaan berbasis internet, selain penggunaannya yang sangat mudah penggunaan internet banking dan mobile phone banking juga dapat digunakan kapanpun dan di mana saja. dapat dilihat dari tingginya pernyataan dari analisis faktor yang digunakan. Penggunaan transaksi berbasis internet masyarakat di Kecamatan Dramaga harus dikembangkan lagi karna penggunaanya sangat efisien, hemat waktu dan dapat digunakan 24 jam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tasya Audina Oktavia, Rully Trihantana, Miftakhul Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.