This is an outdated version published on 2023-01-19. Read the most recent version.

NALISIS PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SYARIAH BAGI NASABAH BERPENGHASILAN RENDAH (Studi Kasus Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bogor Pomad)

Authors

  • Hilal Luddin
  • Tubagus Rifqy Thantawi Insitut Agama Islam Sahid Bogor
  • Azizah Mursyidah Insitut Agama Islam Sahid Bogor

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i02.42

Keywords:

Sharia mortgages and low-income communities.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan primer berupa rumah, namun sampai saat ini belum terpenuhi
rumah sangat sulit didapatkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, padahal sudah banyak
lembaga keuangan yang dapat mewujudkannya dalam pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Di sana adalah batasan-batasan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan, salah satunya adalah batasan penghasilan pemohon yaitu menambah kesulitan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, masalah ini menarik untuk dikaji, dengan adanya rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana menganalisis pembiayaan Rumah Syariah Kredit Kepemilikan (KPR Syariah) untuk nasabah berpenghasilan rendah (dengan studi kasus di Bank Syariah Kantor Cabang Pembantu Bogor Pomad Mandiri atau BSM KCP Bogor Pomad). Penelitian ini merupakan sebuah lapangan penelitian dengan metode kualitatif data primer, data sekunder dan wawancara. Proses dari Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif

Published

2022-09-30 — Updated on 2023-01-19

Versions

How to Cite

Luddin, H. ., Thantawi, T. R. ., & Mursyidah, A. (2023). NALISIS PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SYARIAH BAGI NASABAH BERPENGHASILAN RENDAH (Studi Kasus Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bogor Pomad). SAHID BANKING JOURNAL, 1(02), 61–66. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i02.42 (Original work published September 30, 2022)

Issue

Section

DAFTAR PUSTAKA Vol 1 No 02 (2022)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>