This is an outdated version published on 2023-01-19. Read the most recent version.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENGAJUKAN PEMBIAYAAN KPR DI BTN SYARIAH (Studi Pada Kasus di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Jawa Barat)

Authors

  • Hesti Safitri
  • Tubagus Rifqy Thantawi
  • Ermi Suryani

DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.22

Keywords:

Sharia mortgages, products, prices, places, promotions, religiosity, knowledge, administrative costs, service quality, economic capability

Abstract

Abstrak

Memiliki rumah merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Dari sinilah bank syariah menyediakan Hasilnya, bank syariah menyediakan berbagai pembiayaan perumahan (KPR) sesuai dengan prinsip ajaran Islam, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan penawaran harga yang berbeda, perumahan strategis dengan pusat industri dan ekonomi serta kegiatan promosi dapat menarik minat masyarakat untuk pembiayaan syariah melalui sistem perbankan syariah. penelitiannya bertujuan untuk mengetahui apakah produk, harga, lokasi, promosi, keyakinan agama, pengetahuan, biaya administrasi, kualitas layanan, dan kapasitas ekonomi bernilai positif bagi kepentingan masyarakat yang mengajukan pembiayaan KPR Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan data mentah yang diperoleh melalui survei kuesioner. Besar sampel adalah 100. Metode pengujian hipotesis adalah regresi linier berganda, uji-t, uji-f, dan koefisien determinasi (adjusted R-squared). Hasil penelitian menunjukkan thitung produk 2,506 > t tabel 1,98447, nilai sig 0,014 < 0,05, nilai t hitung harga 3,119 > t tabel 1,98447, nilai sig 0,002 < 0,05, dan promosi memiliki nilai thitung 2,167 > t tabel 1,98447, nilai sig 0,033 < 0,05, thitung kualitas pelayanan 2,012 > ttabel 1,98447, nilai sig 0,047 < 0,05, thitung kapasitas ekonomi 3,69 > ttabel 1,98447, nilai t sig adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi, kualitas layanan dan kapasitas ekonomi akan mempengaruhi minat masyarakat untuk mengajukan KPR Syariah. Lokalitas, agama, pengetahuan dan biaya administrasi tidak mempengaruhi minat masyarakat untuk mengajukan dana KPR syariah. Variabel produk, harga, lokasi, promosi, keyakinan agama, pengetahuan, biaya administrasi, kualitas layanan, dan kapasitas ekonomi semuanya mempengaruhi kepentingan masyarakat pada saat yang bersamaan. Nilai sig dari Fhitung>Ftabel (23,318>2,04) adalah 0,000 < 0,05. Nilai adjusted R-squared = 0,670 atau 0,67%, dan sisanya 3,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published

2021-10-19 — Updated on 2023-01-19

Versions

How to Cite

Safitri, H., Thantawi, T. R., & Suryani, E. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENGAJUKAN PEMBIAYAAN KPR DI BTN SYARIAH (Studi Pada Kasus di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Jawa Barat). SAHID BANKING JOURNAL, 1(01), 97–111. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.22 (Original work published October 19, 2021)

Issue

Section

DAFTAR PUSTAKA Vol 1 No 01 (2021)

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>