ANALISIS MENGENAI PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG SYARIAH (Studi Pada Pengguna Shopee)
DOI:
https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.12Keywords:
Promosi, Kepercayaan, Harga, Kualitas Pelayanan, Minat BeliAbstract
Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada e-commerce Shopee serta meninjaunya dalam perspektif Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan aplikasi google form. Pengambila sample menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 102 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh terhadap minat beli dilihat dari nilai thitung (1,169 ) < ttabel (1,958). Selanjutnya variabel kepercayaan pun tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli dilihat dari thitung (0,911) < ttabel (1,958). Pada variabel harga tidak berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung (0,346) < ttabel (1,958). Sedangkan pada variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai thitung (3,872) > ttabel (1,958). Secara simultan variabel promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli dilihat dari nilai Fhitung (24,991)> Ftabel (2,70) dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,487, artinya variabel promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan cukup berpengaruh sebesar 48,7 % terhadap minat beli dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Published
Versions
- 2022-03-02 (6)
- 2022-01-20 (5)
- 2021-10-19 (4)
- 2021-11-03 (3)
- 2021-11-03 (2)
- 2021-11-03 (1)